Cara Menghapus Virus Trojan dan Pencegahannya di Android Terbaru

By | January 26, 2021

Cara Menghapus Virus Trojan dan Pencegahannya di Android Terbaru – Tidak hanya komputer atau personal computer, platform Android juga rentan terhadap serangan virus yang akan sangat mempengaruhi kinerja perangkat tersebut.

Darimana virus itu berasal? Virus berasal dari penggunaan Internet Anda, baik Anda membuka situs web atau hal lain. Untuk alasan ini, sangat penting untuk berhati-hati saat menjelajah atau membuka situs web yang mengandung malware. Karena perangkat yang Anda gunakan akan rentan terhadap virus.

Sistem tidak hanya akan melemahkan perangkat, tetapi virus juga akan dapat mencuri data yang ada. Nah, hal ini akan merugikan pengguna yang terkena virus

Apa Itu Virus Trojan ?

Trojan adalah virus yang sering membuat orang terpapar (diserang) Kuda Troya sendiri berasal dari nama Trojan Horse, yang mengacu pada nama Yunani. Dalam cerita Yunani, patung kuda Troya ini merupakan umpan yang didalamnya terdapat tentara elit Yunani yang tidak diketahui oleh musuh.

Saat musuh mengambil patung tersebut dan menyimpannya di istana. Pada saat ini rencananya berhasil, dan di tengah malam pasukan elit Yunani keluar dari patung dan menyerang benteng musuh dengan mudah.

Adegan perang sangat mirip dengan virus Trojan. Jadi ketika pengguna mengira itu adalah program biasa, namun ternyata di dalamnya ada virus yang menyerang perangkat yang kita gunakan.

Cara Menghapus Virus Trojan Di Android

Jadi, bagi sobat perangkat anda mungkin saja telah terinfeksi virus Trojan, sebaiknya segera lakukan tindakan untuk menghapus atau menghapusnya segera, agar perangkat Android anda tidak bertambah parah.

Karena jika tidak segera ditangani akan menyebabkan hilangnya data yang tersimpan serta rusaknya perangkat Android yang Anda gunakan. Berikut beberapa cara untuk membersihkan perangkat Android dari Trojan.

1. Bersihkan Cache Pada Aplikasi

Cache juga bisa menjadi sarang virus, karena setiap kali Anda menggunakannya, seperti aplikasi browser, untuk membuka situs yang berisi virus, ia akan menyimpannya di cache ini. Jadi kita bisa mulai menghapus virus Trojan dengan menghapus data sementara di cache aplikasi yang kita gunakan untuk browsing.

Cara Membersikan Cache Pada semua Aplikasi

  1. Buka Setelan hp lalu pilih Penyimpanan.
  2. Kemudian pilih Pembersih.
  3. Dengan demikian segala data yang tidak terpakai seperti cache dan lainnya akan terhapus.
    Cara Membersihkan Cache Pada Satu Aplikasi
  4. Buka Setelan lalu pilih Aplikasi Terinstall.
  5. Kemudian pilih aplikasi Browser atau Google Crome.
  6. Klik Hapus Cache.

2. Gunakan Aplikasi Antivirus Stubborn Trojan Killer

Menghapus cache adalah cara sederhana untuk menghapus Trojan. Namun, jika virus Trojan sangat kuat, membersihkan cache mungkin tidak berpengaruh apa pun. Jadi, Anda perlu menggunakan aplikasi antivirus seperti Stubborn Trojan Killer untuk menangani atau menghapus Trojan.

Cara Menggunakan Aplikasi Antivirus Stubborn Trojan Killer

  1. Silahkan sobat unduh aplikasi Stubborn Trojan Killer di Google Play Store.
  2. Jika sudah terinstall langsung saja buka aplikasnya.
  3. Pilih tombol Scan untuk memulai scanning virus trojan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning selesai.
  5. Jika sudah klik tombil Kill untuk menghapus virus yang terdeteksi.
  6. Untuk pencegahan, silahkan sobat aktifkan proteksi dengan Stubborn Trojan Killer.

3. Factory Reset

Ini adalah metode terakhir bagi Anda untuk menghapus Trojan yang menyerang perangkat Anda. Reset pabrik atau kembali ke pengaturan pabrik. Namun, cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat Android. Namun, dengan menghapus semua data yang ada, Anda dapat menghapus virus Trojan.

Sebelum melakukan factory reset, Anda perlu melakukan backup data-data penting tersebut agar tidak terhapus. Jika sudah tersimpan maka Anda akan mulai melakukan factory reset untuk bisa menghapus virus trojan.

Demikianlah pembahasan yang bisa teknofaun.net share ke kawan semua tentang Cara Menghapus Virus Trojan dan Pencegahannya di Android Terbaru, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *